1. Surat Perkenalan
Surat ini dikirim oleh penjual ke
calon pembeli yang fungsinya untuk memperkenalkan diri dan produk yang akan
dijual nya.
2. Surat Permintaan Penawaran
Seperti yang sudah saya tulis
sebelumnya. Surat ini dikirimkan oleh calon pembeli ke penjual, dimana isi
surat nya calon pembeli meminta penjual untuk memberikan surat penawaran
tentang suatu produk yang ditawarkannya. Biasanya calon pembeli akan meminta
nam produk, harga, cara pembayaran (tunai atau memakai jangka waktu) dan lama
penyerahan barang.
3. Surat Penawaran
Surat Penawaran merupakan surat
balasan dari surat permintaan penawaran. Yang isi nya menyampaikan inormasi
tentang segala produk yang calon pembeli inginkan seperti merek produk, harga,
kualitas, cara pembayaran, pengiriman barang dan lain-lain.
4. Surat Pesanan
Kalau kita sudah membuat surat
penawaran, maka kita akan menunggu balasan dari sang pembeli, jika sang
pembeli ingin memesan suatu produk ke pada si penjual, maka pembeli akan
mengeluarkan Surat pesanan. Surat ini berisi nama dan jenis barang yang dipesan
berikut harganya atau disertai dengan cara pembayaran yang diinginkan.
Bila si pembeli melakukan pembayaran melalui bank, maka copy bukti
pengiriman/transfer harus dilampirkan.
5. Surat pemberitahuan
pengiriman barang.
Jika penjual menyetujui surat pesanan
tersebut, maka penjual akan mengirimkan surat pemberitahuan pengiriman barang,
ini berguna agar pembeli tau kalau barang yang di inginkannya telah diproses
dan dalam sedang perjalanan. Biasanya surat seperti ini dibuat dalam pengiriman
barang secara partai besar dan jauh.
6. Surat Pengaduan
Surat yang dibuat oleh pembeli ini
terjadi karena adanya masalah dengan produk yang diterimanya. Masalah tersebut
terjadi karena produk yang dipesan tidak sesuai dengan barang yang diterima.
7. Surat Jawaban Pengaduan
Ketika penjual telah menerima surat
pengaduan, maka penjual harus segera mengambil tindakan dengan menjawab surat
tersebut dan meminta maaf dan meyakinkan pembeli kalau kejadian seperti itu
tidak akan terulang lagi.
Dalam menulis surat Niaga ada juga hal-hal
yang harus kita perhatikan, antara lain seperti:
- Menetapkan tujuan
- Menetapkan isi surat
- Nama dan jenis barang
- Merk dan kualitas barang
- Banyak barang yang ditawar
- Penetapan tata urutan isi surat
- Menyelesaikan setiap bagian isi surat satu persatu
- Hindari penggunaan singkatan
beberapa hal yang harus diperhatikan
ketika kita menulis surat niaga, contoh dari surat niaga.
Contoh
Surat Niaga
LOGO
DAN KOP SURAT
No :
047/CV-PE/XI/2012
Jakarta, 24 November 2013
Hal : Pemberitahuan Keterlambatan
Pengiriman Barang
Kepada Yth, :
Purchasing Department
PT. Karya Bakti
Jl. K.L. Yos Sudarso No. 285
Makassar
Purchasing Department
PT. Karya Bakti
Jl. K.L. Yos Sudarso No. 285
Makassar
Menunjuk Purchase Order No.
KB-256842 atas pesanan 15 (lima belas) Unit Komputer dan 10 (sepuluh) unit
Printer, kami ingin memberitahukan bahwa pesanan untuk kedua barang tersebut di
atas sudah kami kirimkan ke PT. Karya Bakti via “Pengangkutan Sedang Maju” pada
tanggal 20 November 2012. Namun, karena prosedur pengiriman barang di
“Pengangkutan Sedang Maju” adalah harus menunggu muat barang penuh dan baru
dapat berangkat, maka barang yang kami kirimkan juga harus menunggu untuk
dikirimkan. Dan diestimasikan jurusan Jakarta – Makasar dapat berangkat pada
tanggal 23 November 2012.
Sehubungan dengan deadline
penyerahan barang yang tercantum pada Purchase Order tertanggal 25 November 2012,
kami minta persetujuan dari Bapak/Ibu untuk memberikan perpanjangan waktu
penyerahan barang sampai dengan 02 Desember 2012.
Demikianlah kami sampaikan, atas
bantuan dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.
Hormat Kami
Sujono Irawan
CV. Panca Elektrik
CV. Panca Elektrik
Tidak ada komentar :
Posting Komentar